-->

Struktur Kendali Program (kondisi) dalam OOP

If … else
  • Untuk menentukan alternatif pilihan selain pilihan pertama
  • Bentuk dasar dari if … else adalah:
if (ekspresi logika) {
statement1;
statement2;
} else
{
statement1;
statement2;
}
contohnya :
// nama file: jika2.java

class jika2 {
public static void main (String [ ] args) {
int umur = 17;
if (umur > 17) {
System.out.print(“Silahkan masuk”);
} else
{
System.out.print(“Dilarang masuk”);

}

} }


  • Jika pilihan lebih dari dua, maka bentuk if menjadi:
if (ekspresi logika1) {
statement1;
} else if
{
statement2;
} else if
{
statement3;
} else
{ statement4;

}

contohnya :
// nama file: jika3.java

class jika3 {
public static void main (String [ ] args) {
char nilai = ‘C’;
if (nilai == ‘A’) {
System.out.print(“Memuaskan”);
} else if (nilai == ‘B’) {
System.out.print(“Baik”);
} else if (nilai == ‘C’) {
System.out.print(“Cukup”);
} else {
System.out.print(“Jelek”);
                         }
                   }
                }
Switch
  • Merupakan pernyataan untuk menentukan satu dari banyak kemungkinan 
  • Alternatif dari if
  • Jika sebuah kondisi memenuhi, maka pernyataan-pernyataan pada kondisi tsb akan dieksekusi, dan dilanjutkan dengan pernyataan break, yg berfungsi menghentikan switch
  • Jika semua kemungkinan tidak ada yang memenuhi maka pernyataan default akan dilaksanakan 

switch (peubah) {
                                case (nilai peubah 1):
                                                statement1;
                                                statement2;
                                                …
                                                break;
                                case (nilai peubah 2):
                                                statement1;
                                                statement2;
                                                break;
                                default:
                                                statement1;
                                                break;
}
 contoh
// nama file: case1.java
class case1 {
                public static void main (String [ ] args) {
                                int nilai = 2;
                                switch (nilai) {
                                                case 1:
                                                                System.out.print(“OK”);
                                                                break;
                                                case 2:
                                                                System.out.print(“Cukup”);
                                                                break;
                                                default:
                                                                System.out.print(“Nilai tidak ada”);
                                                                break;
                                }
                }
}

0 Response to "Struktur Kendali Program (kondisi) dalam OOP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel