Struktur Kendali Program (kondisi) dalam OOP
Monday, 1 November 2010
Add Comment
If … else
statement1;
statement2;
} else
{
statement1;
statement2;
}
contohnya :
// nama file: jika2.java
class jika2 {
public static void main (String [ ] args) {
int umur = 17;
if (umur > 17) {
System.out.print(“Silahkan masuk”);
} else
{
System.out.print(“Dilarang masuk”);
}
} }
statement1;
} else if
{
statement2;
} else if
{
statement3;
} else
{ statement4;
}
contohnya :
// nama file: jika3.java
class jika3 {
public static void main (String [ ] args) {
char nilai = ‘C’;
if (nilai == ‘A’) {
System.out.print(“Memuaskan”);
} else if (nilai == ‘B’) {
System.out.print(“Baik”);
} else if (nilai == ‘C’) {
System.out.print(“Cukup”);
} else {
System.out.print(“Jelek”);
}
}
}
Switch
contoh
- Untuk menentukan alternatif pilihan selain pilihan pertama
- Bentuk dasar dari if … else adalah:
statement1;
statement2;
} else
{
statement1;
statement2;
}
contohnya :
// nama file: jika2.java
class jika2 {
public static void main (String [ ] args) {
int umur = 17;
if (umur > 17) {
System.out.print(“Silahkan masuk”);
} else
{
System.out.print(“Dilarang masuk”);
}
} }
- Jika pilihan lebih dari dua, maka bentuk if menjadi:
statement1;
} else if
{
statement2;
} else if
{
statement3;
} else
{ statement4;
}
contohnya :
// nama file: jika3.java
class jika3 {
public static void main (String [ ] args) {
char nilai = ‘C’;
if (nilai == ‘A’) {
System.out.print(“Memuaskan”);
} else if (nilai == ‘B’) {
System.out.print(“Baik”);
} else if (nilai == ‘C’) {
System.out.print(“Cukup”);
} else {
System.out.print(“Jelek”);
}
}
}
Switch
- Merupakan pernyataan untuk menentukan satu dari banyak kemungkinan
- Alternatif dari if
- Jika sebuah kondisi memenuhi, maka pernyataan-pernyataan pada kondisi tsb akan dieksekusi, dan dilanjutkan dengan pernyataan break, yg berfungsi menghentikan switch
- Jika semua kemungkinan tidak ada yang memenuhi maka pernyataan default akan dilaksanakan
switch (peubah) {
case (nilai peubah 1):
statement1;
statement2;
…
break;
case (nilai peubah 2):
statement1;
statement2;
break;
default:
statement1;
break;
}
// nama file: case1.java
class case1 {
public static void main (String [ ] args) {
int nilai = 2;
switch (nilai) {
case 1:
System.out.print(“OK”);
break;
case 2:
System.out.print(“Cukup”);
break;
default:
System.out.print(“Nilai tidak ada”);
break;
}
}
}
0 Response to "Struktur Kendali Program (kondisi) dalam OOP"
Post a Comment